PEOPLE.COM TEMPLATE


Jumat, 19 Oktober 1990

Profil MA Masalikil Huda

Profil

Segudang prestasi dan penghargaan telah banyak diraih, gedung yang megah dan tempat yang strategis itulah madrasah aliyah yang bernama Masalikil Huda Tahuanan Jepara, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Masalikil Hudasejak 23 tahun yang lalu atas inisiatif dari para tokoh masuarakat yang bergerak dibidang pendidikan. Beliau adalah K.H. Masyhudi Nadlif (sekarang pengasuh asrama al;-qonitat miftahun najah tahunan Jepara), KH. A. Tafrikhan, H. Abdul Hamid (alm), H. Muh. Qosim dan H. Djunianto, SH. (sekarang ketua YPI Maslaikil huda Tahunan Jepara).

Berdirinya MA. Masalikil Huda Tahunan ini dilatarbelakangi dari kepedulaian terhadap pendidikan oleh para tokoh masyarakat khususnya 5 orang tersebut yang sekarang disebut dewan pendiri. Dan memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak akanpendidikan jenjang lanjut, ditambah lagi dengan desakan dari masyarakat untuk segera mewujudkan cita-cita adanya pendidikan lanjut, karena memang sebelummnya didesa Tahunan telah berdiri MI dan MTs. Dengan latar belakang tersebut, maka dengan perjuangan yang luar biasa dari berbagai pihak, maka terwujudlah sebuah madarasah aliyah pada tanggal 24 Pebruari 1985.

Sejak berdirinya, MA. Masalikil Hdua mengalami berbagai kemajuan, baik dari segi fisik maupun manajerial. Pada awalanya madrasah ini belum mempunyai gedung sendiri dan terpkasa bergabung dengan MTs. Masalikil Huda namun pada waktu itu belum menjadi satu yayasan, karena yayasan baru terbentuk pada tahun 1995. kemudian pada tahun 1991/1992 barulah MA. Masalikil Huda menempati gedung sendiri, dan sampai sekarang kemajuan fisik dapat terlihat nyata di tepi jalan, tepatnya di Jalan Sukarno-Hatta KM. 05 Jepara. (sebelah timur pekeng Tahunan Jepara). Gedung yang menjulang tinggi diatas tanah wakaf seluas 1825 m2 milik sendiri, dilengkapai dengan sarana prasarana termsuk komputer, perpustakaan, laboratorium IPA, dan koperasi madrasah dan berstatus terakreditasi A dengan nomor akta notaris : 05 th. 1995. Madrasah Aliyah yang dikepalai Drs. Abdul Rozaq, M.Ag, dengan jumlah siswa 374.


VISI
“meningkat dalam standar mutu, santun dalam perilaku, berpijak pada iman dan taqwa”

MISI
"menumbuhkan semangat belajar secara intensif untk menigkatkan mutu dan prestasi, membangun sistem menejemen yang baik sehingga tercipta pembelajaran dan bimbingan yang efektif, mengembangkan potensi dan kemampuan yang mengilhami lahirnya generasi muslim untuk memberikan nilai keteladanan dengan konsisten serta menumbuhkan penghayatan dan pengalaman agama seta menegakkan budaya santun dalam menjunjung tinggi norma-norma agama dan akhlakul karimah. Dan juga madrasah menciptakan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan dan prestasi yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan agama islam serta menyebarluaskannnya untuk mengembangkan teknologi dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, menjunjung tinggi nilai pendidikan dan norma-norma agama untuk menciptakan suasana yang harmonis antar anggota masyarakat"

KURIKULUM
Selain jurusan IPA dan IPS, masalikil Huda mempunyai kelebihan yaitu penambahan mata pelajaran takhasshush, yaitu ushul fiqih, syari’ah, tafsir, mustholahul hadits, tauhid, nahwu shorof dan lain-lain. Selain penambahan tersebut, siswa dapat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler pramuka, PMR, rebana kontemporer “Al-Masyhud”, komputer "Masalikil Huda Computer Center atau MCC Club", teater “SANGTEJA” dan kegiatan olahraga.

Lambang Kepribadian
Madrasah Aliyah Masalikil Huda Tahunan memilki lambing yang terdiri dari unsur-unsur dengan pengertian sebagai berikut :
1. Sudut Enam, melambangkan Rukun Iman.
2. Gambar Ukiran Keemasan di Luar Lingkaran, melambangkan Daerah Jepara yang terkenal meubel ukir.
3. Gambar Pena di Tengah Ukiran, melambangkan Semangat yang tinggi seluruh komponen (stake holders) untuk dunia keilmuwan walau di tengah semarak era globalisasi.
4. Peta Dunia Warna Biru dan Hijau, melambangkan Kondisi alam yang subur, baik lautan maupun daratan.
5. Warna Dasar Putih, melambangkan Dunia Pendidikan di Madrasah yang bersih dan suci.


Mengukir prestasi dan tampil sebagai lembaga yang patut diperhitungkan baik lokal Jepara maupun tingkat Jawa Tengah akan selalu ditingkatkan. Adapun prestasi akademik dan olahraga yang telah dicapai adalah :

I. Prestasi Akademik
1) Juara I Pa. dan juara II Pi pidato bahasa inggris tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh LP. Ma’arif NU cabang Jepara tahun 2005.
2) Juara II Pa dan Juara II Pi pidato bahasa Arab tingkat kabupaten yang diselenggarkan oleh LP. Ma’arif NU cabang Jepara tahun 2005.
3) Juara II matematika tingkat klabupaten yang diselenggarkan oleh LP. Ma’arif NU cabang Jepara tahun 2005.


II. Prestasi Olahraga
1) Juara I lari 10 km tingkat kabupaten yang diselenggarkan oleh DEPAG Jepara tahun 2000.
2) Juara I bola volly putra tingkat karesidenan pati yang diselenggarakan STIENU Jepara tahun 2001.
3) Juara III bola volly putri tingkat karesidenan pati yang diselenggarakan STIENU Jepara tahun 2001.
4) Delegasi propinsi bole volly tingkat nasional POP-WIL Sulawesi Selatan tahun 2002
5) Juara I dua kali bulu tangkis putra tingkat kabupaten yang diselenggarakan Pemkab Jepara dalam rangka hari jadi 453 dan 454 tahun 2002 dan 2003.
6) Juara II tolak peluru tingkat kabupaten yang diselenggarakan pemkab Jepara tahun 2003.
7) Juara I bola volly putra tingkat karesidenan pati yang diselenggarakan STIENU Jepara tahun 2005.
8) Juara I bola volly putra tingkat kabupaten diselenggarakan Pemkab Jepara tahun 2007.


III. Prestasi Seni
1) Juara harapan II gelar tari daerah tingkat karesidenan pati yang diselenggarakan STIE YPPI Rembang tahun 2001.
2) Favorit I festival band pelajar tingkat kabupaten yang diselenggarakan paguyuban band jepara tahun 2002.
3) Terbaik I duta wisata tingkat kabupaten yang diselenggarakan dinas pariwisata Jepra tahun 2002.
4) Juara I PMR tingkat kabupaten di Jumbara tahun 2004.


IV. Prestasi Lainnya
1) Juara I K-5 tingkat kabupaten yang diselenggarkan Pemkab Jepara tahunb 2002.
2) Juara I SLTA unggulan tingkat kabupaten yang diselenggarkan Depag Jepara tahun 2001.
3) Juara III karnaval tingkat kabupatenyang diselenggarakan Pemkab Jepara dalam rangka HUT RI ke 57 tahun 2002.
4) Juara umum Gebyar Pelajar IPNU IPPNU tingkat kabupaten yang diselengarakan IPNU IPPNU cabang
Jepara bekerjasama dengan LP. Ma’arif NU cabang Jepara tahun 2005.


V. Program Beasiswa
MA. Masalikil Huda memberikan beasisiwa bagi calon siswa berprestasi dalam Ujian Nasional yang akan masuk disana. Beasisiswa tersebut adalah bebas syahriyah 1 tahun (2 semester) bagi peringkat I, bebas syahriyah setengah tahun (1 semester) bagi peringkat II, dan bebas syahriyah 3 bulan bagi peringkat III. Apa yang telah menjadi komotmen dewan pendiri, pengurus yayasan dan semua pihak yang turut berjuang ini, diharapkan bisa mendidik generasi beriman dan bertaqwa, terampil serta mandiri.

Comments :

0 komentar to “Profil MA Masalikil Huda”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by MA Masalikil Huda Tahunan Jepara, Musician Blog Design, People.com Inspiration Powered By Blogger